Thursday, May 11, 2017

Resep Membuat Wajik Ketan

http://berjutaresep.blogspot.com/2017/05/resep-membuat-wajik-ketan.html

Wajik Ketan

Wajik ketan adalah jajanan khas Indonesia. Berbahan ketan putih yang kemudian diolah dengan gula merah atau bisa juga dengan gula putih. Selain ketan putih, ketan hitam juga digunakan untuk membuat kue wajik.




Bentuk wajik ketan secara tradisional adalah belah ketupat, tetapi ada juga yang membuatnya dalam bentuk persegi atau persegi panjang dan saya juga pernah menemui wajik yang berbentuk segi tiga atau jajaran genjang. Bentuk-bentuk geometri melekat erat pada jajanan khas ini. Oleh sebab itu bentuk seperti belah ketupat yang juga merupakan lambang "diamond" pada permainan kartu juga sering disebut dengan wajik.

Rasa yang melekat pada kue tradisional ini adalah manis, gurih karena kandungan minyak dari santan, dan tekstur yang kenyal dan agak kasar tetapi empuk karena ketan yang diolah menjadi wajik tidak dihancurkan tetapi tetap berbentuk butiran ketan yang lengket satu sama lain.

Di Jawa Tengah dan di pulau Jawa umumnya kue ini disebut dengan wajik, tetapi di Sumatera disebut dengan pulut manis.

Kue wajik juga terkenal di Malysia dan dianggap sebagai jajanan khas Melayu.

Kue wajik masih banyak dijual di toko-toko kue tradisional/jajanan pasar. Tetapi sering juga dibuat  oleh ibu-ibu rumah tangga untuk cemilan sehari-hari atau sebagai hidangan di acara-acara khusus seperti pada hari raya Idul Fitri. Berikut ini resepnya, silakan Anda coba membuatnya.
Bahan :
  • 700 gram beras ketan putih
  • 200 gram gula Jawa, sisir
  • 75 gram gula pasir
  • 650 ml santandari 1/2 butir kelapa parut
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1 lembar daun pandan, potong-potong

Cara Memasak Wajik Ketan

  1. Cuci beras ketan, rendam dalam air selama 2 jam. Tiriskan.
  2. Kukus ketan selama 30 menit atau hingga beras ketan setengah matang. Angkat.
  3. Rebus gula pasir, gula jawa, santan, garam, dan daun pandan. Masak hingga mendidih.
  4. Tambahkan ketan ke dalam rebusan santan. Msak sambil diaduk-aduk hingga santan terserap habis. Angkat.
  5. Kukus kembali ketan selama 20 menit atau hingga ketan benar-benar matang. Angkat.
  6. Tuang adonan wajik ke dalamloyang yang sudah dioles minyak atau dialas dengan plastik/daun pisang. Tekan dan ratakan. Setelah dingin, potong-potong. Sajikan, untuk 20 orang.





Semoga resep-resep dan info kuliner ini bisa membuat Anda dan keluarga semakin sehat dan berbahagia. Jangan lupa kunjungi www.berjutaresep.blogspot.com kembali untuk info resep dan kuliner terbaru.