Saturday, May 6, 2017

Resep Membuat Mata Kebo

http://berjutaresep.blogspot.com/2017/05/resep-membuat-mata-kebo.html

Mata Kebo

Mata kebo merupakan jajanan tradisional khas nusantara. Mata kebo memiliki tekstur yang unik dari perpaduan singkong, pisang dan kelapa, serta memiliki rasa yang lezat.



Kue Mata Kebo sangat populer di seluruh wilayah Indonesia. Rasanya yang kenyal membuatnya menjadi jajanan tradisonal yang disukai hingga hari ini. Kue ini disebut dengan mata kebo karena bentuknya yang bundar seperti mata kerbau. Dalam resep ini adalah mata kebo yang berbahan utama singkong, tetapi ada juga kue lain yang disebut mata kebo juga, dan berbahan dasar tepung dan isian kacang hijau dan di Jawa Timur disebut dengan cocor bebek. Di kesempatan lain saya akan tulis resep mata kebo versi kacang hijau yang merupakan jajanan tradisonal khas Jogja. Bentuknya seperti ini :
Mata Kebo khas Jogja
Kue mata kebo walaupun sangat popule r tetapi juga sudah jarang ditemui di toko-toko penjual kue. Kue ini masih sering muncul di cara-acara khsusus. Nama lain dari kue mata kebo versi singkong adalah kue kaca mata.

Untuk menciptakan estetika yang lebih indah untuk dipandang, mata kebo biasnya diberikan sedikit pewarna setelah diparut. Warna yang dominan adalah warna merah, merah muda, dan hijau. Adonan singkong yang sudah diparut diberikansedikit gula dan vanili kemudian dibungkus dengan daun pisang dan di tengahnya diselipkan pisang.

Setelah kue matang dan didinginkan kemudian dipotong-potong melintang. Dan setelah dipotong nampak bagian tenghnya yaitu pisang, dan kalau diamati bentuknya memang mirip mata kerbau atau mata yang berkacamata, Setelah dipotong-potong, kue diberikan taburan kelapa dan disajikan. Kue ini biasanya dinikmati bersama dengan minum teh hangat.

Bahan :
  • 1 kg singkong parut
  • 1/2 butir kelapa agak muda, parut (1)
  • 100 gram gula pasir
  • 1/2 sendok teh vanili
  • 1/2 sendok teh garam
  • 5 tetes sumba kuning
  • 2 buah pisang tanduk
  • daun pisang secukupnya
  • 5 sendok kelapa parut diberi sedikit garam dan dikukus (2)

Cara membuat Mata Kebo

  1. Campur singkong parut bersama kelapa parut (1), gula, vanili, garam, dan sumba, aduk sampai rata.
  2. Kupas pisang lalu bungkus pisang utuh dengan adonan, bungkus dengan daun pisang, kukus sampai matang.
  3. Hidangkan dengan memotong-motong melintang setebal 1 cm dan hidangkan bersama kelapa parut (2)




Semoga resep-resep dan info kuliner ini bisa membuat Anda dan keluarga semakin sehat dan berbahagia. Jangan lupa kunjungi www.berjutaresep.blogspot.com kembali untuk info resep dan kuliner terbaru.