Saturday, May 13, 2017

Resep Membuat Sambal Kluwak

 http://berjutaresep.blogspot.com/2017/05/resep-membuat-sambal-kluwak.html

Sambal Kluwak

Sambal kluwak adalah sambal khas dari daerah Jawa Timur. Bahan utama dari sambal ini adalah kluwak.



Kluwak atau sering disebut kluwek adalah buah dari sebuahpohon  yang besar dan memiliki tinggi rata-rata sekitar 40 meter sedangkan diameter batang bisa mencapai 2.5 meter. Pohon ini tidak ditanam melainkan tumbuh sendiri, biji dari buah yang jatuh ke tanah akhirnya tumbuh dan menjadi pohon sebesar itu.

Pohon kluwak hanya ada di Indonesia, jadi apabila Anda sedang di luar negeri dan menemukan biji kluwak, bisa dipastikan itu adalah produk impor dari Indonesia,

Buah dalam biji kluwaklah yang digunakan sebagai bahan sambal atau bumbu dapur. Berwarna hitam, oleh sebab itu ketika digunakan sebagai bumbu rawon akan membuat rawon berwarna hitam. Biji  kluwak tidak bisa dikonsumsi mentah karena beracun dan mengandung asam sianida konsentrasi tinggi. Jika memakan mentah biasanya timbul efek seperti mual dan dan pusing. Tetapi jika sudah direndam dan kemudian direbus, kluwak menjadi bahan makanan yang aman untuk dikonsumsi.

Kluwak memiliki cangkang yang keras dan untuk mendapatkan daging buahnya harus dipecah dengan ulekan atau palu. Kluwak yang bagus adalah kluwak yang berat dan koplak.
Sambal kluwak akan sangat nikmat bila dimakan dengan nasi hangat, ikan, dan lalapan hijau, silakan dicoba resep berikut ini :
Bahan :
  • 2 buah kluwak tua mentah, rendam dalam air, rebus dan ambil isinya kemudian dihaluskan
  • cabai rawit sesuai selera
  • setengah siung bawang putih
  • 1/2 cm kencur
  • garam secukupnya

Cara membuat sambal kluwak :

  1. Goreng cabai rawit dan bawang putih sebentar.
  2. Ulek semua bahan sampai lembut, siap sajikan.