Friday, September 23, 2016

Cara membuat kaldu sapi

Cara membuat kaldu sapi
Kaldu sapi
Kaldu sebenarnya adalah sari dari sesuatu bahan. Bahan tersebut bsa daging, tulang, sayur atau buah-buahan. Kaldu didapatkan dengan cara merebusnya. Dan kaldu daging sapi adalah sarti dari tulang sapi yang direbus. Kaldu diperlukan dalam suatu masakan sebagai penguat rasa/penambah cita rasa, dan bau dari kaldu tersebut juga menjadi pelengkap dari masakan yang dimasak dengan menggunakan kaldu.



Dalam bahasa Inggris kaldu disebut dengan stock. White stock (kaldu putih) adalah kaldu yang terbuat dari tulang ikan, kaki ayam, dan juga sayuran seperti bawang bombay, wortel, dan seledri. Sedangkan Brown stock (Kaldu coklat) adalah kaldu yang terbuat dari tulang sapi, tulang kambing, dan juga sayuran seperti bawang bombay, wortel dan seledri yang diolah dengan cara penggosongan.

Kaldu merupakan bahan dasar pembuatan saus atau sup dan dapat menambah nilai gizi pada suatu masakan. Tulang yang digunakan sebaiknya dipotong kecil-kecil agar agar proses penyerapan dan ekstraksi lebih maksimal dan larut dalam kaldu. Jangan lupa untuk menggunakan peralatan yang bersih.

Bahan :
  • 500 gram daging sapi/tulang-tulang sapi
  • 800 cc air
  • 2 siung bawang putih, memarkan
  • 1/2 siung bawang bombai, iris kasar
  • 1 batang daun bawang, iris kasar
Cara memasak kaldu sapi :
  1. Rebus ptongan daging/tulang dengan semua bahan selama 40 menit dengan api kecil.
  2. Angkat lalu saring dan air kaldu siap digunakan.




Semoga resep-resep dan info kuliner ini bisa membuat Anda dan keluarga semakin sehat dan berbahagia. Jangan lupa kunjungi www.berjutaresep.blogspot.com kembali untuk info resep dan kuliner terbaru.