Thursday, November 16, 2017

Resep Membuat Kue Lumpur

Cara membuat kue lumpur

Kue Lumpur

Kue lumpur yang berbahan tepung terigu ini adalah kue yang sudah dikenal di tanah air sejak jaman dulu. Kue berwarna kuning dengan tektur lembut dan tambahan topping di atasnya ini banyak  dijumpai di toko-toko kue ataupun di pasar-pasar tradisional.



Kue ini tergolong sebagai kue basah, karenanya tidak bisa disimpan dalam jangka waktu lama seperti kue kering. Hal yang unik lainnya adalah nama dari kue ini. Banyak orang bertanya-tanya mengapa kue ini disebut kue lumpur, sebagian orang mengatakan karena sifat adonannya yang sedikit lembek seperti lumpur, sehingga disebut kue lumpur. Tetapi bentuk jadinya tidaklah selembek lumpur, karenanya penamaan ini cukup menarik untuk dipelajari asal mulanya.

Kue yang sudah termasuk kue asli Indonesia ini sebenarnya berasal dari Lisbon, Portugal. Di sana kue ini disebut dengan Pasteis de Nata (Pastel Natal). Kue lumpur yang asli memang dibuat benar-benar bertektur lembut seperti lumpur semacam kue susu telur yang merupakan makanan kecil di Eropa. Dalam versi Indonesia, kue ini terlihat sedikit agak pucat dan tekturnya tidak benar-benar lembut, sedikit lebih padat dari versi aslinya tetapi tetap merupakan kue yang lezat untuk dinikmati.

Untuk membuatnya matang, kue lumpur harus dibakar di atas api setelah adonan dimasukkan ke dalam cetakan. Untuk topping yang digunakan bisa berupa kismis, kelapa muda, coklat, keju, atau sesuai selera Anda. Seperti kue pukis, kadang ada juga yang menambahkan daging sebagai topping kue lumpur mesikpun cukup jarang.

Bahan santan dan garam akan memberikan rasa gurih pada kue lumpur yang berbentuk lingkaran tebal ini. Jika Anda ingin menggunakan waktu Anda hari ini untuk membuat kue lumpur silakan dicoba resep berikut ini :
Bahan :
  • 150 gram gula pasir
  • 250 gram tepung terigu
  • 450 gram kentang, kukus dan haluskan
  • 100 gram minyak sayur
  • 3 kuning telur
  • 2 putih telur
  • 500 ml santan Kara (300 santan kara + 200 ml air), rebus, dinginkan.
  • 1 sendok teh vanili
  • 1 sendok teh garam

Cara membuat kue lumpur

  1. Kocok gula dan telur sampai putih dan mengembang, masukkan vanili, masukkan santan, aduk perlahan sampai rata.
  2. Masukkan terigu sedikit demi sedikit sambil terus diaduk sampai rata dan halus.
  3. Panaskan cetakan, oles sedikit minyak. Tuang adonan dalam cetakan 3/4 penuh, beri topping kismis/kelapa muda atau bahan lain yang kira-kira cocok. Bakar sampai matang.








Semoga resep-resep dan info kuliner ini bisa membuat Anda dan keluarga semakin sehat dan berbahagia. Jangan lupa kunjungi www.berjutaresep.blogspot.com kembali untuk info resep dan kuliner terbaru.