Friday, October 13, 2017

Resep Membuat Kue Krasikan

Cara membuat kue krasikan Khas Jogja

Krasikan

Krasikan adalah kue tradisional berbahan ketan yang merupakan kue khas daerah Jogja, Solo dan sekitarnya. Rasa kue ini manis dan lezat mirip jenang dodol. Krasikanmemiliki tekstur lebih kasar dibandingkan dengan jenang/dodol yang bertekstur halus.



Di pasar tradisiona,l krasikan bisa dengan mudah didapatkan. Biasanya dijual bersama jenang dan jadah dengan harga yang sangat terjangkau.

Kue ini umumnya berwarna coklat mudah dan memiliki totol-totol di permukaannya. Bers ketan harus ditumbuk halus lalu disangrai dan kemudian dicampur dengan gula

Jawa. Jika berkunjung ke Jogja atau Solo sempatkan mampir ke pasar tradisional dan membeli kue ini. Jika Anda ingin membuatnya sendiri, silakan coba resep berikut ini :
Bahan :
  • 300 gram beras ketan
  • 1 sendok teh air kapur sirih
  • 1 butir kelapa diparut
  • 250 gram gula jawa
  • 500 cc santan dari 1 butir kelapa

Cara membuat krasikan

  1. Rendam beras ketan bersama air kapur sirih selama 1 jam, kemudian cuci dan tiriskan.
  2. Sangrai dalam wajan sampai warnanya kecoklatan kemudian angkat.
  3. Tumbuk ketan yang masih panas sampai setengah halus. Sangrai kelapa sampai warnanya kecoklatan, kemudian tumbuk sampai halus dan berminyak.
  4. Masak gula jawa bersama santan sampai mendidih. Saring dan masak lagi di atas api. Setelah mendidih masukkan ketan dan kelapa yang sudah ditumbuk.
  5. Aduk sampai rata dan kering kemudian angkat.
  6. Tuang adonan ke dalam piring loyang 17,5x17,5x 3 cm, ratakan sambil ditekan-tekan sampai padat.
  7. Sesudah dingin potong-potong 3x5 cm. Untuk 15 potong.






Semoga resep-resep dan info kuliner ini bisa membuat Anda dan keluarga semakin sehat dan berbahagia. Jangan lupa kunjungi www.berjutaresep.blogspot.com kembali untuk info resep dan kuliner terbaru.